Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka, Ini Formasi Jadwal dan Persyaratan CPNS 2024 dan PPPK 2024 Untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat

Sahabat CPNS Bimbel CPNS Online Terbaik – Pemerintah Republik Indonesia telah memulai membuka pendaftaran CPNS 2024 melalui portal ASN Karier atau website Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN). Seperti yang di ketahui bahwa Seleksi CPNS 2024 direncanakan akan dilakukan dalam tiga tahap. Periode I akan berlangsung pada minggu ketiga bulan Maret 2024, Periode II pada bulan Juni 2024, dan Periode III pada bulan Agustus 2024.

cpns 2024 smk sma
Jadwal CPNS 2024 SMA SMK

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2024 Kemenhub

Seperti dikabarkan Pendaftaran CPNS 2024 bahwa seleksi ini akan menempatkan sekitar 2,3 juta orang untuk posisi yang tersedia, yang meliputi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Pemerintah telah menargetkan untuk menempatkan sekitar 690 ribu lulusan baru SMK dan SMA atau fresh graduate dalam seleksi CPNS.

Jadwal Seleksi CPNS 2024

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadwal seleksi CPNS 2024 dijadwalkan sebagai berikut:

  • Pendaftaran: Maret – April 2024
  • Seleksi administrasi: Mei 2024
  • Seleksi kompetensi dasar (SKD): Juni – Juli 2024
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB): Agustus – September 2024
  • Pengumuman kelulusan: Oktober 2024
  • Pelatihan dasar (Latsar): November 2024 – Januari 2025
  • Pengangkatan CPNS: Februari 2025

Formasi CPNS 2024

Jumlah posisi CPNS yang akan tersedia pada tahun 2024 mencapai 207.247. Posisi ini terbagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Posisi umum: 177.020
  • Posisi khusus: 30.227

Formasi khusus mencakup posisi untuk penyandang disabilitas, warga asli Papua dan Papua Barat, serta lulusan terbaik dari perguruan tinggi negeri (PTN).

Persyaratan CPNS 2024

Untuk dapat mendaftar sebagai CPNS pada tahun 2024, calon pelamar harus memenuhi persyaratan umum berikut:

  • Kewarganegaraan Indonesia.
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan minimal lulusan SMA/SMK/sederajat atau yang setara.
  • Kesehatan jasmani dan rohani yang baik.
  • Tidak memiliki catatan pidana dengan pidana penjara.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan sebagai PNS, anggota TNI/Polri, atau pegawai swasta.

Cara Mendaftar CPNS 2024

Proses pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan secara daring melalui portal SSCASN BKN. Calon pelamar dapat mendaftar dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga : Fresh Graduate Bisa Daftar CPNS

Tips Sukses Mengikuti Seleksi CPNS 2024

Untuk mempersiapkan diri secara optimal menghadapi seleksi CPNS 2024, berikut adalah beberapa saran dan tips jitu yang bisa dipertimbangkan:

  • Pelajari materi seleksi dengan baik
  • Lakukan latihan soal secara rutin
  • Jaga kesehatan dan kebugaran
  • Bersikap tenang dan percaya diri


Peluang untuk mengikuti Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024 adalah momen yang tidak boleh dilewatkan bagi lulusan yang berminat bekerja di sektor pemerintah.

Berikut daftar instansi yang diprediksi membuka formasi CPNS 2024 bagi lulusan SMA/SMK sederajat:

1. Badan Intelijen Negara (BIN)

Badan Intelijen Negara membuka kuota lowongan CASN pada tahun sebelumnya bagi lulusan SMA sederajat. Posisi yang dibuka adalah asisten penata kelola intelijen.

2. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka lowongan CPNS bagi putra-putri lulusan SMA/SLTA pada tahun 2023. Posisi yang tersedia, antara lain penjaga tahanan.

3. Kejaksaan Agung

Instansi pemerintahan Kejaksaan Agung membutuhkan lulusan SMA sederajat untuk mengisi beberapa posisi pada tahun sebelumnya. Formasi yang diisi meliputi penjaga tahanan dan pengelola penanganan perkara.

4. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Lembaga pemerintahan non kementerian ini juga membuka sejumlah formasi CASN pada tahun sebelumnya. Posisinya antara lain petugas lapangan keluarga berencana yang tersebar di berbagai daerah.

5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM)

Pada tahun sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) juga membuka lowongan bagi lulusan SMA/SMK di formasi tenaga teknis. Posisi yang diemban meliputi pengamat gunung api dan penguji mutu barang di beberapa daerah.

6. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Pada tahun 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membutuhkan banyak lulusan SMA sederajat untuk mengisi posisi asisten teknisi siaran dan asisten pranata siaran di stasiun RRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

7. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) membuka cukup banyak formasi yang tersebar di seluruh Indonesia bagi lulusan SMA/SMK pada tahun sebelumnya. Di antara posisi yang dibuka adalah penata laksana jalan dan jembatan pemula.

8. Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutkan)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutkan) membuka beberapa posisi untuk lulusan SMA sederajat pada tahun 2023. Jabatan pemula yang diisi, antara lain teknisi akuakultur dan teknisi kesehatan ikan.

9. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Tahun lalu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membutuhkan lulusan SMK untuk mengisi sejumlah posisi, antara lain penguji mutu barang.

Di samping berbagai lembaga kementerian dan non-kementerian, peluang untuk formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK sederajat pada tahun sebelumnya juga terbuka di sejumlah unit pemerintahan daerah.

Beberapa lembaga tersebut kemungkinan besar akan membuka sejumlah posisi CPNS yang banyak pada tahun 2024. Detail formasi CPNS 2024 dapat dilihat di situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), yaitu :

  • Instansi Pusat: 429.183
  • CPNS: 207. 247formasi
  • PPPK: 221.936 formasi
  • Instansi Daerah: 1.867.333
  • CPNS: 483.575 formasi
  • PPPK: 1.383.758 formasi

Untuk PPPK di instansi daerah, alokasi formasi mencakup 419.146 untuk guru, 417.196 untuk tenaga kesehatan, dan 547.416 untuk tenaga teknis.

Bagi yang tertarik, siapkan diri dan persiapkan semua dokumen yang diperlukan, lalu daftarlah secara langsung melalui link sscasn.bkn.go.id.

Masih bingung? Tanya aja disini.