Panduan Praktis Cara Mengisi Riwayat Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat, Pada Pendaftaran Pendataan Tenaga Non-ASN!

Langkah yang sangat penting dalam proses pendaftaran pendataan tenaga non-ASN adalah mengisi riwayat pekerjaan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa biodata yang diperlukan telah diisi dengan lengkap riwayat pekerjan. Kemudian, klik tombol “Selanjutnya” untuk menyimpan biodata yang telah diinput. Setelah itu, pendaftar akan diarahkan untuk mengisi informasi riwayat pekerjaan.

Baca Juga : Optimalkan Persiapan CPNS Anda Bersama Sahabat CPNS Dan Bimbel CPNS Terbaik

Pada fase ini, peserta diminta untuk melengkapi riwayat pekerjaan sesuai dengan ketentuan bahwa informasi pekerjaan yang dimasukkan hanya berasal dari instansi tempat penempatan saat ini.

Apa itu Riwayat Pekerjaan ?

Riwayat pekerjaan merujuk pada catatan atau rangkuman mengenai pengalaman kerja seseorang selama periode tertentu. Informasi dalam riwayat pekerjaan mencakup detail seperti jabatan, perusahaan atau instansi tempat bekerja, tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan, tanggung jawab, dan pencapaian yang relevan selama bekerja. Riwayat pekerjaan biasanya digunakan dalam berbagai konteks, seperti pada formulir pendaftaran pekerjaan, resume, atau aplikasi untuk posisi tertentu.

Dalam data awal, peserta dapat memodifikasi informasi riwayat pekerjaan dan melampirkan Bukti Pembayaran serta Surat Keputusan (SK) Jabatan dari instansi penempatan saat ini. Untuk melakukan perubahan data, silakan klik tombol “Ubah”.

Di halaman ini, peserta hanya dapat mengubah informasi pendidikan yang sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Jabatan. Peserta dapat mengisi kolom Pendidikan dengan setidaknya 3 karakter dan kemudian memilih opsi yang sesuai dari referensi yang tersedia dalam sistem. Untuk menyimpan perubahan data pendidikan, klik tombol “Simpan”. Jika tidak ada perubahan yang dilakukan, klik tombol “Batal”.

Ini adalah tampilan data pekerjaan yang telah diubah sebelumnya, di mana informasi pendidikan awal awalnya mencantumkan S-1 Pendidikan, tetapi telah diubah menjadi S-1 Ilmu Komputer sesuai dengan Surat Keterangan Jabatan. Jika ingin menambahkan riwayat pekerjaan, peserta dapat memilih tombol “Tambah Riwayat Pekerjaan”.

Di halaman ini, peserta diminta untuk mengisi informasi berikut:

  1. Nomor Surat Keputusan Jabatan
  2. Tanggal Surat Keterangan Jabatan
  3. Tanggal Mulai Bekerja
  4. Tanggal Berakhir Bekerja
  5. Unit Kerja Penempatan
  6. Jabatan
  7. Pendidikan
  8. Jabatan Penandatangan Surat Keputusan Jabatan
  9. Jenis Jabatan Penandatangan Surat Keputusan
  10. Jenis Pembayaran Gaji

Untuk kolom pendidikan, jenis jabatan penandatangan SK, dan jenis pembayaran, peserta hanya dapat memilih opsi sesuai dengan referensi atau pilihan yang telah tersedia dalam sistem Pendataan Non-ASN.

Apabila data yang dimasukkan sudah lengkap, peserta dapat menekan tombol “Simpan”. Sebaliknya, jika tidak ada tambahan riwayat pekerjaan, silakan klik tombol “Batal”.

Dalam riwayat pekerjaan, akan muncul kolom baru yang berisi data yang telah dimasukkan sebelumnya. Jika ada kesalahan dalam data, peserta dapat memperbaikinya dengan memilih tombol “Ubah“. Selain itu, riwayat yang sudah ditambahkan juga bisa dihapus dengan mengklik tombol “Hapus“. Dikhususkan untuk Riwayat Pekerjaan, peserta hanya diperbolehkan mengisi informasi dari 5 pekerjaan terakhir. Setelah melengkapi data riwayat pekerjaan, pastikan untuk menambahkan Bukti Pembayaran dan Surat Keterangan Jabatan pada setiap riwayat yang telah ditambahkan.

Tekan tombol “Unggah” untuk menyimpan dokumen, dan untuk memeriksa dokumen yang sudah diunggah, gunakan tombol “Lihat”. Jika ada kesalahan saat mengunggah dokumen, pendaftar dapat memilih tombol “Unggah” lagi, dan selanjutnya memilih file yang benar. Setelah berhasil mengisi data riwayat pekerjaan dan mengunggah dokumen yang diperlukan, lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menekan tombol “Selanjutnya” untuk menuju halaman resume.


Setelah Tenaga Non-ASN selesai melengkapi riwayat pekerjaan, halaman resume akan ditampilkan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Tenaga Non ASN diharuskan untuk membaca dan mengecek kembali semua data yang telah diisi dan dokumen yang telah diunggah. Selanjutnya, berikan tanda ‘Centang’ pada kotak yang tersedia.


Apabila Tenaga Non ASN masih merasa ragu terhadap data dan dokumen yang telah diisi, Tenaga Non ASN dapat kembali ke formulir sebelumnya dengan mengeklik tombol “Selanjutnya” dan kemudian melakukan perbaikan pada data tersebut.

Setelah yakin dengan isi resume, Tenaga Non ASN dapat mengakhiri proses pendataan dengan menekan tombol “Akhiri Proses Pendataan”. Dengan mengklik tombol tersebut, Tenaga Non ASN menyatakan bersedia menanggung konsekuensi hukum apabila data tidak sesuai dengan dokumen yang dimiliki.

Sebelum mencetak kartu pendataan, ada peringatan yang menyatakan bahwa setelah pendataan diakhiri dan diproses, peserta tidak dapat mengubah data dan dokumen (biodata, riwayat pekerjaan) yang telah diunggah sebelumnya. Jika yakin ingin mengakhiri dan memproses pendataan, silakan pilih tombol “Iya”.

Jika Tenaga Non ASN masih merasa ragu dan ingin melakukan perbaikan pada data yang telah dimasukkan, silakan pilih tombol “Tidak” dan periksa kembali data dengan menekan tombol “Selanjutnya”.

Masih bingung? Tanya aja disini.